Pesona Kilau Cahaya Merah Galaksi Cigar

 

 

VIVAnews – Secercah sinar cahaya merah yang dinamis dari sebuah Galaksi Messier 82, atau yang dikenal sebagai M82 dan Galaksi Cigar, berhasil ditangkap keindahannya pada saat malam hari. Galaksi ini mengalami ledakan bintang yang menghasilkan kilauan cahaya merah akibat gas hidrogen yang terionisasi. Cahaya merah itu pun meluas terbawa angin dan berkolaborasi dengan bintang lainnya.

Adalah astronom Bob dan Janice Fera yang berhasil menangkap citra angkasa yang elok itu pada tanggal 11 Februari sampai 15 Februari 2013 lalu. Mereka melakukan pengamatan di Eagle Ridge Observatory di Foresthill, California. Dalam pengamatannya, Bob dan Janice menggunakan teleskop Ritchey Chretien yang memiliki sistem optik Cassegrain berlensa Officina Stellare RC-360AST 14 inci f/8, yang spesial dibuat untuk mengamati nebula. Untuk mengambil fotonya, astronom itu menggunakan kamera Apogee Alta U16M CCD dengan filter Astrodon.

Pemandangan ini merupakan sinar cahaya dari sebuah galaksi yang memiliki tingkat yang tinggi dalam membentuk bintang-bintang baru. Kilauan cahaya Galaksi Messier 82 diperkirakan lima kali lebih terang dari Bima Sakti, dan melahirkan bintang-bintang 10 kali lebih cepat. Hal itulah yang membuat galaksi Messier 82 memiliki kilauan sinar cahaya merah yang sangat indah.

 

This entry was posted in Galaksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s